Selasa, 09 Juni 2009

Bekam Sebagai Solusi Hidup Sehat

Dari Rasululllah SAW:
“Pengobatan paling utama yang kalian lakukan adalah hijamah (berbekam).” (HR.Bukhari-Muslim).
Apa itu Bekam?
Bekam dalam istilah Melayu berarti “pelepasan darah”, dalam bahasa Inggris disebut “Cupping”, sedangkan dalam bahasa Arab disebut “ Al Hijamah”.Bekam merupakan suatu teknik pengobatan Sunah Rasulullah SAW dan Tradisi Cina Kuno, yang kini dimodernkan & mengikuti kaidah ilmiah, untuk mengeluarkan jutaan TOKSIN yang berbahaya dibadan kita, melalui permukaan kulit. Bekam merupakan salah satu cara Detoksifikasi (pengeluaranracun) yang cepat, aman dan tidak ada efek samping.
Pengalaman Saya Berbekam
Saya sudah dua kali dibekam, terus terang saya merasa agak takut dan cemas saat pertama kali dibekam, saya takut akan merasakan sakit...
BRC (Bekam Ruqyah Center) terletak di jl.raya pasar minggu, tepatnya di sebelah masjid AT-Taqwa, saya kesana bersama-sama dengan suami. Paket pengobatan yang saya ambil adalah paket lengkap yang mencakup diagnosis, bekam, dan totok oksigen yang dibarengi dengan ruqyah. Sebagai bonus saya juga mendapatkan 'pijatan rotan' (saya lupa namanya), yakni dengan memukul2 kan rotan ke bagian belakang tubuh, rasanya seperti dipijat, tapi agak sedikit sakit. Bonus lain yang saya dapatkan adalah gurah mata mengeluarkan kotoran-kotoran dari mata, juga bisa mengurangi minus, caranya dengan meneteskan otem (obat tetes mata dengan madu sebagai zat aktif nya) ke mata kiri-kanan, rasanya periiiiih!!!... tapi ada penawarnya air zam-zam (yang juga dikemas dalam bentuk eye drop (tetes mata)! subhanallah... rasa sakit nya segera hilang, yang ada adalah rasa sejuk...
Masuk ke inti pengobatan yaitu bekam, pada saat bekam pertama kali saya tidak mau tahu seperti apa prosesnya, hal ini saya lakukan untuk meminimalisir rasa takut saya. Ternyata yang saya rasakan pada saat bekam pertama hanya sedikit sakit, seperti digigit semut kecil, jadilah pada saat bekam kedua kepercayaan diri saya meningkat, saya ingin tahu setiap proses yang saya jalani.. seperti ini prosesnya, pertama saya mendapat pijatan dari mbak noey (staf brc nya) sebelumnya punggung saya diolesi dengan minyak zaitun, setelah itu saya di kop, dengan semacam gelas kecil dari plastik, yang bisa diatur kekuatan "hisapan"nya, kemudian satu persatu kop tsb di angkat dan permukaan yang sudah di kop ditusuk2 (tusukannya tidak dalam seperti sayatan saja) dengan cepat menggunakan jarum yang bentuknya seperti pulpen yang dicetak-cetek... kemudian di bagian yang telah ditusuk2, ditempelkan lagi kopnya untuk menghisap darah kotor.. didiamkan beberapa menit, lalu dilepaskan kopnya, terasa darah keluar dari permukaan kulit yang telah di bekam, tapi tidak banyak, darah tersebut lalu dibersihkan dengan tisu. setelah selesai semuanya kembali punggung saya diolesi minyak zaitun, rasanya lebih sakit dari yang pertama, sepertinya bekam pertama saya hanya 'perkenalan' saja. Setelah bekam pada saat bekam pertama saya menjalani diagnosa, bagian yang dilihat adalah kondisi fisik bola mata.. dari diagnosa saya mendapat info bahwa sistem imunitas tubuh saya lemah... hal ini menjelaskan mengapa saya sering sekali pilek, awalnya saya mengira karena alergi.. sebetulnya saya memang alergi, tapi saya yakin dan diyakinkan bahwa alergi saya dapat berkurang apabila daya tahan tubuh saya meningkat..
Setelah diagnosa saya menjalani totok oksigen, sambil di ruqyah... wah, sensasi nya.. baru kali ini saya rasakan!!! patut untuk dicoba, saya tidak akan menceritakan apa yang saya rasakan, karena reaksi tiap orang dapat berbeda2... sensasi itu hanya saya rasakan pada totok oksigen pertama, setelahnya hanya merasakan kepala seperti 'tertarik' ke belakang dan tidak bisa bergerak... menurut informasi yang saya dapatkan dari staf BRC, tujuan dari totok oksigen adalah melancarkan peredaran oksigen dalam darah... hal ini diperlukan agar tubuh mendapatkan suplai oksigen yang cukup dan merata.
Manfaat yang saya rasakan...
Alhamdulillah manfaatnya langsung terasa setelah bekam pertama, tubuh menjadi lebih fit dan pilek sudah berkurang, setelah bekam kedua rasanya lebih baik lagi..
Dari BRC (produk2 herbal juga tersedia di BRC) saya juga dianjurkan untuk mengonsumsi madu, minyak zaitun, spirulina dan habbatusauda untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah datangnya penyakit dan menjaga tubuh dalam kondisi terbaiknya... Insya Allah..
Wallahu'alam bishawab

1 komentar: